TUMPUKAN (STACK)



3.1 Pengertian Tumpukan (stack)
Konsep utamanya adalah benda yang terakhir masuk/disimpan dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack, Konsep penyimpanan data dalam stack ini dikenal  dengan istilah LIFO (Last In First Out). Stack ini seperti tumpukan CD pada rak CD, CD pertama diletakan paling bawah pada rak CD dan digunakan paling akhir. Secara umum ada dua operasi/metode dasar pada stack,  yaitu Push dan Pop. Push digunakan untuk meletakan/menambahkan item pada stack, sedangkan Pop digunakan untuk mengambil item dari stack. Di bawah ini diberikan gambar ilustasi proses Push dan Pop.

 
3.2 Penyajian Tumpukan (stack)
Stack dapat disajikan dengan menggunakan beberapa jenis, yaitu
1. Dengan menggunakan Array
2. Dengan menggunakan linked list

3.2.1  Stack Menggunakan Array
Array dalam Java merupakan salah satu bentuk tipe data, yang sesungguhnya merupakan struktur data. Array ini mempunyai jumlah elemen yang tertentu dan bersifat statis.
3.2.2  Stack Menggunakan linked list
Package Java juga menyediakan class Stack, yang merupakan   subclass dari  Vector yang menggunakan  standar last-in, first-out (LIFO). Class Stack hanya digunakan untuk menentukan  default constructor,  untuk membuat stack kosong. Berikut ini beberapa  metode yang digunakan dalam stack seperti terlihat  pada tabel berikut ini.
Tabel 10.1  Metode-metode pada kelas Stack
Metode
Deskripsi
boolean empty( )
Menghasilkan nilai  true jika stack kosong, dan nilai  false jika stack berisi elemen
Object peek( )
Menghasilkan elemen pada  top stack, tetapi tidak me-remove.
Object pop( )
Menghasilkan elemen pada  top stack, dan mengambil/menghapus (remove) elemen tersebut.
Object push(Object element)
Menambahkan elemen pada stack.
search(Object element)
Mencari elemen dalam  stack. Jika ditemukan, menghasilkan  offset dari  top  stack . Sebaliknya jika tidak  menghasilkan  –1.
Stacks juga dapat digunakan untuk untuk mengevaluasi postfix expressions. Pada umumnya ekspresi matematika ditulis dalam bentuk seperti 2+(15-12)*17 disebut infix expression. Dalam infix expression, operator diletakan diantara dua  operand, seperti  "2 + 2". Dalam  postfix expression, operator diletakan sesudah dua operand tersebut, sehingga ditulis  "2 2 +". 

G+

0 Komentar untuk "TUMPUKAN (STACK)"

Back To Top